Home » » Memahami Mode Program Kamera DSLR

Memahami Mode Program Kamera DSLR

Posted by Jimms on Sunday, January 8, 2017

Program mode moniker mode program biasanya disimbolkan dengan huruf P dikamera DSLR ataupun kamera computerized lain. Didalam mode ini, kita bisa memilih ISO dan kamera akan menentukan nilai opening dan screen speed. Beda antara mode Program dengan mode Auto adalah dalam mode Program kita tetap memiliki kontrol atas kamera, sementara di mode Auto kamera menentukan semuanya.

Mari kita pahami mode program lebih jauh.

Program Shift

Dalam mode Program, kita bisa mengganti nilai gap dan shade speed yang ditentukan kamera dengan menggunakan Program Shift. Cukup dengan memutar tombol putar dial dibagian belakang kamera kita bisa mengubah nilai opening dan shutter speed. Saat anda mengendaki depth of field yang sempit anda bisa memutar charge dial untuk mengubah nilai opening. Cek cara menggunakan program move di manual kamera anda masing-masing. Di Canon EOS D60 misalnya, anda bisa menggunakan program move dengan memencet shade separuh lalu memutar tombol primary dial dibelakang.

Mode Program adalah ISO Priority

Mode program bisa kita namai ulang ISO priority. Kita menentukan ISO dan kamera menentukan parameter lain. Ingat, segitiga introduction terdiri atas ISO, shuuter speed dan aperture. Dalam kasus ini berarti kamera menentukan shade speed dan opening.

Pada mode program lampu kilat (flsh) juga harus di aktifkan secara manual oleh sang fotografer.

Kapan Saat Menggunakan Mode Program?


Mode program saat ini bisa dipakai untuk pemotretan standar yang anda jumpai sehar-hari. Standar dalam pengertian subyek foto yang kondisi pencahayaannya relatif tidak njlimet, seperti halnya situasi pemotretan dibawah: .

Jenis foto seperti diatas dengan mudah dihandle oleh mode program. Kamera akan menentukan shade speed yang cukup cepat untuk menghindari foto blur dan kita juga tidak menuntut depth of field yang tidak terlalu ekstrim. Saat anda tidak menyukai setting yang dipilih kamera, gunakan Program Shift untuk mengubahnya. Atau cukup naikkan ISO agar kamera memilih gap yang lebih kecil.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Entri yang Diunggulkan

Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority