Home » » Memilih Kepala Tripod: Ball head versus Pan Tilt Head

Memilih Kepala Tripod: Ball head versus Pan Tilt Head

Posted by Jimms on Saturday, January 7, 2017


Setelah dalam artikel lalu kita membahas tripod secara umum, kali ini kita akan berfokus pada kepala tripod. Kalau anda memutuskan untuk membeli tripod yang tidak memiliki kepala (tripod head) bawaan, berarti anda harus membeli head terpisah selain tripod itu sendiri. Tripod head ada dua kategori:

Ball Head 
Jenis kepala tripod Ball Head menggunakan mekanisme sederhana pergerakan bola dan soket sehingga memungkinkan kamera bergerak dalam orientasi manapun. Keuntungan utama jenis ball head adalah karena menggunakan mekanisme simpel, maka biasanya jenis ball head sangat stabil. Begitu posisi sudah terkunci, maka kamera akan benar-benar anteng dan tidak mengangguk-angguk lagi. keuntungan lain adalah, karena hanya melibatkan sedikit bagian bergerak, maka akan lebih awet dan relatif bersih selalu.

Kekurangan utama jenis ini adalah saat kita memindah posisi kamera. Karena mekanisme bentuk bola, maka saat kita mengendorkan kuncian dia bergerak ke arah dua sumbu sekaligus, sumbu vertikal - atasbawah – dan sumbu horisontal – kanan kiri). Misalkan kita ingin memiringkan kamera, setelah kita miringkan ternyata level horisontal juga berubah.

Pan Tilt Head
Jenis kepala tripod Pan Tilt Head adalah jenis yang jauh lebih teliti dibandingkan jenis ball head. Saat kita menginginkan kontrol posisi yang teliti jenis ini lebih akomodatif, karena masing-masing sumbu memiliki kunci. Sumbu horisontal memiliki kunci sendiri, begitula dengan sumbu vertikal.

Kekurangan jenis Pan Tilt Head adalah ukuran fisiknya biasanya jauh lebih besar dan berat dibandingkan jenis Ball head. Jenis Pan Tilt Head dengan harga terjangkau juga lebih tidak stabil dibandingkan jenis Ball Head dengan harga yang sama.

Pertimbangan Lain

Sama seperti saat memilih kaki tripod, memilih kepala tripod quip anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut:
  1. Berat, Berat kepala tripod harus menjadi pertimbangan, terutama jikan anda memotret diluar ruangan. Memotret itu menyenangkan, namun kalau sakit pinggang itu namanya menyiksa hehe.
  2. Kapasitas Beban, Kepala tripod seperti halnya kaki tripod juga memiliki spesifikasi kapasitas beban maksimum yang bisa dia tanggung. Hitung kembali berat kamera dan lensa terberat anda.
  3. Mounting Bracket, mounting section adalah lempengan yang menempel ke kamera. Kadang benda ini selalu menempel dikamera karena kita malas melepasnya (melepas membutuhkan obeng atau koin). Walaupun begitu, kepala tripod yang menyediakan mounting section jauh lebih enak dibanding kepala tripod yang hanya menyediakan sekrup dimana kamera langsung menempel (sangat merepotkan saat memasang dan melepas). Jadi, carilah kepala tripod dengan mounting section yang withering nyaman buat anda.

Selamat memilih.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Entri yang Diunggulkan

Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority